Sabtu, 16 April 2016

Kuliah Telegram PMGM #3 Akhlaq Mulia Cermin Iman Kita


Oleh Sheikh Dr. Khalid Ad-Dasuqi dalam Shahib Al-Khuluq Ar-Raqi 

Akhlaq adalah cermin iman. Semakin tinggi iman seseorang, semakin tinggi pula akhlaqnya. Semakin tinggi iman seseorang, semakin indah perangainya, semakin bagus sifatnya, semakin jernih jiwanya.

Tawakkal adalah ibadah hati yang paling agung. Tawakkal mengindikasikan kebenaran iman pemiliknya serta menunjukkan kelayakan dan kejernihan aqidahnya.

Sifat rahmah (kasih sayang) adalah akhlaq terpuji yang diperintahkan. Syariat sangat menganjurkannya dan fithrah (tabiat naluriah) yang lurus juga mengakuinya.

Bagaimana mungkin orang yang berakhlaq luhur berburuk sangka kepada orang lain dan bagaimana mungkin orang yang berakhlaq agung berada pada tempat/posisi yang menjadikannya tertuduh dan dia tidak menjauhi sesuatu yang dapat mendorong orang lain menuduh dan buruk sangka kepadanya.

Orang yang berakhlaq mulia dan memiliki kepekaan akan menerima hadiah yang diberikan kepadanya apabila si pemberi tidak bertendensi dirinya melakukan sesuatu yang menyimpang di balik pemberian nya. Dia akan berterimakasih kepada pemberi hadiah dan segera membalas dengan yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar